20110909

Oshkamakho

Pasti pada (ga ada yang) nanya nanya soal nama blog gue, kenapa “Oshkamakho”, kenapa ga “Oscar’s Oasis” atau “Oscar Agnesia” *inigapenting*
Oke. Oshkamakho itu artinya kebahagiaan, lebih tepatnya ini sebutan masyarakat Rusia buat gunung tertinggi di benua Eropa: Elbrus. Menurut masyarakat setempat yang gue kutip dari buku Norman Edwin: Catatan Sahabat Sang Alam, Elbrus disebut oshkamakho atau gunung kebahagiaan, karena kebahagiaan mereka (pendaki) tidak datang dengan sendirinya, tapi dengan kerja keras dan usaha sendiri. Nah, ini yang menginspirasi gue buat ngasih nama blog gue itu “Oshkamakho”, biar blog gue bisa ngebawa kebahagiaan buat orang yang baca. Beh. Sadap.

Ini gambar gambar Elbrus





Kenapa Elbrus? Kenapa ga Mahameru atau Rinjani yang jelas jelas gue idolakan? Kenapa oh kenapa… Alasan pertama, kalo gue dengan gamblang bikin judul Mahameru atau Rinjani, pasti bakal ngirain ini blog isinya tentang kedua gunung itu atau soal mountaineering. Oke ini emang bukan tujuan blog gue -_-
Alasan kedua yang sebagai alasan utama adalah nama ini unik, nama ini nyimpen banyak arti kayak hati gue (?) melenceng -_-
Sebelum gue memutuskan buat ngeblog lagi, gue juga dibingungkan sama nama blog gue nantinya mau apa. Tadinya nama yang gue kasih itu “Don’t Stop Me Now!” yang gue ambil dari buku favorit gue: 5cm. tapi setelah gue baca buku gue yang Norman Edwin ini, gue langsung delete nama yang lama dan gue jadi yakin buat ngasih nama blog gue ini “Oshkamakho”, biar unyu unyu gimana gitu kan ya u.u
Nah, kebetulan juga pas tanggal 3 Agustus 2011 kemaren, gue kan dapet jadwal ngambil BPU di STAN, nah pas gue nunggu di Plazma (fyi: Plazma itu Plaza Mahasiswa deket banget sama Sekrenya STAPALA) gue ngebaca tulisan di wall climbingnya itu begini: 33 HARI MENUJU ELBRUS PUNCAK TERTINGGI DI EROPA. Gue…langsung…diem…bego… Sayangnya ga gue foto, sayang banget (cie sayang…)



Wow banget kan, umm…nggak sih, wow banget buat gue. Yang ada di pikiran gue waktu itu “Gila. Elbrus men Elbrus!!!” berarti STAPALA bakal mendaki Elbrus. Beh. Gila. Banget. Fyi, Elbrus itu yang udah gue jelasin diatas itu gunung tertinggi di Eropa dengan ketinggian 5642mdpl (meter di atas permukaan laut) dan didaki selama 11 jam dari ketinggian 4200mdpl. Nah, bingung kan? Tenang… Sini gue jelasin dari awal. Jadi gunung gunung di luar negeri itu beda sama gunung di Indonesia, kenapa? Soalnya gunung di luar negeri itu di ketinggian lebih dari 1000mdpl bahkan 3000mdpl punya kemah induk tempat istirahatnya para pendaki. Jadi, ga perlu susah payah bawa bawa tenda yang beratnya naujubilah… Kemah induk itu yang dipikiran gue ah paling cuma tenda tenda biasa atau rumah rumah penduduk. Tapi ternyata gue salah. Salah banget. Kemah induk ini walaupun dimanfaatin dari rumah penduduk, tapi fasilitasnya hotel bintang lima dan punya manajer hotel. Semua yang lu perluin ada dan bakal disediain buat lu para pendaki. Oke banget kan. Kita juga bisa nyewa porter buat bawa barang barang bawaan kita ke puncak, yang dibawa ke puncak itu biasanya barang berharga, bahan bahan makanan sama tenda buat ngecamp di puncak. Gue nggak tau berapa harga sewa kemah induk, tapi menurut informasi yang gue dapet, kemah induk ini bener bener pas buat kantong para pendaki. Yah beda lagi sih ya ceritanya kalo pendakinya itu Bill Gates -_-

Buat mencapai ketinggian, di Terskol, kita bisa manfaatin kereta gantung. Kayaknya nyaman banget hidupnya yang mau nanjak Elbrus -_-
Tiap tahun yang mendaki gunung ini rata rata ada 300 orang, setengahnya (150orang) ga berhasil sampe puncak, 30 orang meninggal karena macam macam sebab, misalnya hipotermia (kehilangan panas tubuh) yang biasa dibilang mati kedinginan, gimana nggak, suhu bisa sampe -10°C sama kecepatan angin 40km/jam ditambah suka ada badai salju; edema paru nah edema paru ini menurut gue parah banget, soalnya plasma darah kita bocor dan kantong udara ga efektif lagi buat nuker oksigen sama karbon dioksida; mountain sickness (penyakit gunung) sakit ini biasanya punya gejala kepala kita cenat cenut sama muntah muntah terus terusan. Intinya, semua ini gara gara organ tubuh ga berfungsi karena oksigen yang makin tipis di ketinggian dan menyebabkan kematian…sekali lagi…ke-ma-ti-an!
Serem ya, semua kegiatan alam ini pasti punya resiko, kalo ga cacat ya mati. Itu aja sih umm…

Di Elbrus ini terkenal banget orang yang namanya Choka Aslanovich Zalihanov, gue gatau ini cewek atau cowok -_- soalnya nama orang Rusia itu susah banget dan ga bisa dibedain. Nah dia ini udah mendaki Elbrus sebanyak….ini gue serius…dia udah nanjak Elbrus 209 kali, gue ulang DUA RATUS SEMBILAN! Gue serius, gue nggak salah ketik kok. Ini bener bener emejing banget kan. Dan lebih gila lagi, pendakian dia yang ke-209 itu umurnya udah…coba tebak! SALAH LU! Dia udah berumur 110 tahun! SERATUS SEPULUH TAHUN. Ini gue ga salah ketik lagi kok. Ini bener bener gila banget ya. Gue ga ngebayangin, kakek/nenek yang udah bau tanah yang udah keriput keriput nanjak Elbrus yang jelas jelas dingin banget. Mungkin digeret geret pake sled, bentuknya kayak tandu tapi dibawanya diseret pake tali/anjing -_-
Nah gue suka bagian ini, di Rusia dari tahun 1937 itu udah dimulai latihan pendakian gunung di daerah lembah Adyr-su dan Bakhsan yang menelurkan lulusan yang disebut ‘alpinis Uni Soviet’. Lebih dari 600.000 warga Uni Soviet telah menjalani pendidikan dan mendapat predikat ‘master olahraga’. Keren ya, Indonesia ada sih sekolah pendakian Wanadri, tapi ya peminatnya ga sebanyak di Uni Soviet. Padahal, olahraga mendaki gunung itu paling murah dan bikin sehat loh. Yah walaupun lari tetep yang paling murah nomer satu -_-

Tapi dengan kita mendaki gunung, itu bisa bikin rasa nasionalisme kita nambah dan makin cinta tanah air. Belajar gimana rasanya hidup dan perjuangan itu susah, kalo kita ngarepin sesuatu pasti kita usaha mati matian kan? Sama. Kalo kita naik gunung, tujuan kita, harapan kita cuma satu: sampe puncak. Nah, sampe puncak itu perlu usaha mati matian, ga langsung tiba tiba nyampe. Kata Gie, keliatan yang mana orang yang egois yang mana yang nggak waktu naik gunung, semua sifat asli kita bakal keliatan secara ga langsung waktu di gunung nantinya.
Oh iya gue suka banget sama kegiatan ini, entah itu gue denger ceritanya atau terlibat langsung dalam kegiatan.
Makasih yups udah mau buang buang waktu di blog gue 
Cipok&peluk hangat dari Cikeas ({})

No comments:

Post a Comment