20110930

(No) Dreams. (No) Fight. (No) Faith.

Kalo yang pernah baca 5cm. pasti tau. Harusnya yang bener "Dreams. Fight. Faith". Tapi itu udah ga berlaku buat gue.
Nih, 29 September 2011 itu hari dimana paling gue tunggu tunggu di bulan September. Di tanggal itu masa depan gue ditentuin, gue diterima STAN atau nggak. Waktu ngerjain soalnya, gue optimis, bener bener optimis. Secara ya gue bimbel di Bintaro, bolak balik Cikeas-Bintaro itu jauh apa deket? Jauh, Banget. Gue berasa mudik. Belajar disana cuma 2 jam Senin-Kamis, tapi perjalanan gue pulang pergi lebih dari 4 jam. Ngenes. Gue bimbel juga ga cuma di satu tempat aja. Gue juga bimbel Kompass STAN di sekolah. Gue optimis. Bukan takabur. Temen temen gue juga ada yang bilang belum siap, deg degan, gugup, Puji Tuhan gue sama sekali ga ngerasain apa apa. Gue tenang banget, gue siap tempur 100%.
H-1 gue survey ke Gelora Bung Karno, Senayan sama papa. Gue tes di Sektor 4 atas. Gue semangat banget, ternyata tempat duduk gue gampang banget dicari soalnya posisinya deket banget sama pintu masuk. Malemnya gue ga bisa tidur, gara gara ga sabar nunggu besok -_- alhasil gue baru tidur jam 1 pagi.
Besoknya, 21 Agustus 2011 gue berangkat jam 04.30 pagi dari rumah. Padahal mulai ujian itu jam 08.30. Gara gara apa coba? Iya bener, rumah gue jauh -_- tapi gue juga orangnya ga suka dateng siang siang apalagi ngepas mau mulai. Bukan gue banget itu. Di jalan kosong banget, wush wush! Gue sampe jam 05.30, disana udah rame rame serame ramenya orang nonton bola. Jadi yang tes di Gelora Bung Karno ada sekitar 9000-an orang lebih.
Untung gue udah survey, jadinya udah santai ga perlu nyari nyari. Gue nunggu sambil smsan sama Mpok sama Irma. Lama banget nungguinnya, gue bosen banget. Di sebelah gue, cowok, pake lotion -_- wanginya itu loh semriwiiiiing banget. Gue jadi tambah pusing -_-
Pas udah disuruh ngerjain gue langsung semangat, semua yang udah gue pelajarin dari bimbel, try out semuamuamuamuanya sangat bermanfaat dan gue ngerjainnya jadi gampang gampang susah. Susahnya gara gara STAN tahun ini emang beda banget, udah tesnya di GBK, terus ngerjain soalnya jadi 2 sesi. Ini menurut gue ga adil -_-
Padahal gue biasa ngerjain itu gonta ganti, kalo gue bete sama TPA, gue pindah ke Bahasa Inggris gitu juga sebaliknya. Eh ini malah jadi 2 sesi, 100 menit buat TPA 180 soal, 50 menit buat Bahasa Inggris 60 soal. Tapi puji Tuhan gue tetep bisa adaptasi sama peraturan barunya.
Pas udah selesai ada masalah baru lagi. Gue susah keluar diantara ribuan massa yang mau keluar juga. Body bokong gue ga guna, biasanya gue jago senggol sana senggol sini biar cepet keluar, eh ini susah. Disana banyak yang lebih dari gue jadinya gue udah pusing pusing abis ngerjain soal ini jadi mual gara gara desek-desekkan -_- Eh tiba tiba ada ibu ibu bilang ke gue "Neng bisa ya? Semoga masuk ya neng" Aih, Gue seneng banget ada ibu ibu ngedoain gue. Pas udah di rumah, gue langsung buka website tempat bimbel gue, disitu udah dibahas jawabannya semua versi tempat bimbel gue, sesuatu yah, gue lulus dari nilai mati. Ini bikin gue bener bener optimis tingkat dewa.

Keluarga besar mama papa semua udah tau gue nyoba STAN, semua mendukung, semua udah nyusun rencana. Gue juga punya harapan. Jadinya gue ngerasa punya tanggung jawab besar buat bikin mereka seneng, buat bikin mereka bangga. Apalagi khusus buat mama sama papa, kapan lagi kan gue nyenengin mereka. Selama ini gue cuma bisa nyusahin doang. Minta ini minta itu mau ini mau itu. Kadang kadang pake boong segala lagi, suka ngebantah. Oh my God what kind of child I was. Yah gue tau sih walaupun gue ga nyoba STAN doang, tapi nanti gue nyoba Taruna AIM sama AKIP juga tapi gue tau mama pengen banget anaknya masuk STAN. Pokoknya usaha & doa gue to the max.
Gue percaya banget sama kemampuan diri gue sendiri. Apalagi semua tau kan gue onfire banget mau masuk STAN.



Kemaren pagi gue belum buka pengumumannya, gue nganterin adek gue sekolah terus baru pulang jam 11an. Paginya Anggani sms kalo semalem dia mimpi gue lulus STAN. Walah gue seneng, gue bilang amin, semoga doa dia diijabah. 
Yaudah kan tuh gue baru buka jam 11an itu. Gue download, gue buka pdfnya...
Yang dari Jakarta cuma 534 orang. Hell yah, Dari 9000-an lebih disusut jadi 500-an orang. Freak. Gue baru sadar ternyata gue dikibulin. Katanya om om di STAN-nya, ini ga pake sistem peringkat daerah. Tapi ternyata...iya!
Gue cari nomer gue...No found.
Gue cari pake nama lengkap gue...No found.
Akhirnya gue cari manual, nama gue dan nomer gue......ga ada.
Fixed. Gue gagal masuk STAN. Gue gagal. Gagal. Gagal.
Ga kerasa gue netesin air mata. Jadinya gue nangis, gue nangis parah separah parahnya dari gue nangis biasanya -_-
Mama udah nyemangatin gue, kenapa mesti nangis, gapapa katanya. Papa juga katanya gapapa yang penting udah usaha.
Tapi tetep aja ini menyesakkan rasanya :""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""(
Gue ga boleh bilang Tuhan ga adil. Ini adil buatNya. Gue ngerasa nyesek aja, selama ini perjuangan gue, usaha gue ga ada apa apanya. Gue langsung kepikiran semua orang yang udah ngedoain gue, yang udah ngedukung gue. Semuanya. Gue ngerasa mereka doain orang yang salah. Gue ngerasa mereka naroh tanggungan di orang yang salah, di orang yang ga bisa tanggung jawab. Gue ga enak sama mereka, gue ga bisa nyenengin mereka, gue ga bisa banggain mereka. Sedih ya jadi gue. Ternyata gue baru ngerasain yang namanya cita cita ga kesampean gini toh. Selama 18 tahun lebih gue hidup, apa yang gue minta dalam doa, baik itu pendidikan, rezeki, semuanya terkabul dan gue dapet apa yang gue mau. Sekarang mungkin Tuhan ngasih ujian buat gue, nguji gue sabar apa nggak, bakal ninggalin ibadah apa nggak kalo apa yang kita harapkan ga terkabul. Gue cuma bisa berharap kekuatan. Gue ga ga ga kuat...
Gue salah satu orang yang percaya sama kata kata ini "Apa yang kita tanam itu apa yang kita tuai nantinya" "Apa yang kita lakuin sekarang ini, akan mempengaruhi hasilnya nanti di kemudian hari" Gue percaya itu. Soalnya ada yang ngerasain itu di pengalaman asmara gue *ehem*. Gue yakin pasti doa sama usaha gue masih kurang baik di mata Tuhan. Pasti kelakuan gue omongan gue masih kurang baik dimata Tuhan. Ibaratnya gue pasti belum bener bener baik nanemnya. Berarti Tuhan tau dimana masa depan gue bakal berhasil. Gue percaya everything is beautiful in its time. Pasti STAN bukan yang terbaik buat gue. I believe God will give the  best of the best future for me. Seharian kemaren gue ngedown parah parah banget. Tapi akhirnya gue mikir, kalo gue terus terusan gini mau jadi apa gue. Muka udah lecek tambah jelek aja -_- Yang penting gue semangat buat AIM sama AKIP.
Selamat ya buat Anggani Tri Muliajati, Irvan Wiratama Simatupang, Burhanuddin Cahyadi sama Monica Windri Triasturi. Jangan dilepas STAN-nya sayang banget, STAN hidup lu udah sejahtera makmur abadi deh. Kerja di Kementerian terkaya dan terbaik seIndonesia itu wah banget. Sekali lagi, selamat ya!



 
 Failed

Oke tin. Gagal deh jadi STAPALA 2011. Gagal deh mau ke Elbrus. Gagal deh mau ngekost di Bintaro. Gagal deh jadi anak STAN. Gagal deh jadi tukang pajak. Gagal deh mau bahagiain mama papa sama keluarga. Semua mimpi gue udah ga ada artinya lagi deh ;) gue harus cepet cepet cari mimpi baru lagi. Emang bener deh, mimpinya Anggani cuma mimpi. Nyemangatin diri sendiri itu emang susah ya, gue rajin banget nyemangatin orang, gue semangatin yang gagal SNMPTN, UMB, SIMAK, tapi gue, cupu abis. September emang bukan bulan ceria ya. Dari rezeki, asmara, keuangan sampe masa depan gue........jelek. Damn.
Gue mau ngucapin makasih ya buat semuanya buat keluarga, buat sahabat, buat temen temen, buat semua yang udah rela doain dan ngedukung gue. Maaf ya belum bisa ngasih yang terbaik.
Banyak banget yang sms ke gue nanya gimana STAN-nya, yang nanya lewat Twitter, Facebook, Skype. Maaf ya ga gue bales. Yang nelpon gue juga maaf ya ga gue angkat. Cuma maaf yang bisa gue kasih ke kalian semua. Maaf ya. Makasih banget udah ngedoain gue udah ngedukung gue, gue jadi semangat walaupun gue gatau ternyata hasilnya begini. Thankyou for everything.
Smooch :-*

2 comments:

  1. kebahagiaanmu bukan hanya sebagai mahasiswa STAN kok sayang. bukan berarti berhasil di stan kamu akan bahagia sebahagia terbaiknya kamu. tunggu aja. sebentar lagi hal yang terbaik untukmu itu dateng. selalu berharaplah yang terbaik maka kamu akan selalu bahagia setiap mendapatkan hal terbaik itu.
    aku ujian 7x. akhirnya cuman dapet di UNS. cuman? itu salah. aku malah dipertemukan dengan yang namanya kota solo dimana kota itu seperti jodohku yang akhirnya dateng. aku dan solo seperti jodoh yang akhirnya ketemu juga. rezeki lancar, teman banyak, dan bla bla..
    inget! rencana tuhan lebih indah dari rencana hambanya. keep fighting ya :)

    ReplyDelete
  2. AH KAK BINAAAAAAAAAAAAAAA! Sini cium peluk dulu ({}) iya kak. Aku percaya banget banget kok malah. Sekarang aku yakin ada yang terbaik yang Tuhan siapin buat aku ;) Makasih ya kak :*

    ReplyDelete