20110916

3019

Ini waktu gue nanjak Gunung Pangrango (3019mdpl) 13-16 Mei 2011 bareng Ujan, Ang, Oji, Genta, Arief, sama Tommy. Foto fotonya taken by Ujan sama Genta, yang lainnya koleksi pribadi sama Mbah Google ;)
Ada 6 pintu masuk ke kawasan TNGGP: Cibodas, Gunung Putri, Bodogol, Cisarua, Selabintana dan Situgunung. Nah gue dkk itu lewat pintu Cibodas. Jadi gue jelasin dulu ya rutenya, jadi dari pintu masuk Cibodas itu gue dkk udah ada di ketinggian 1250mdpl, medannya ga berat berat banget sih batu batu gitu yang udah rapi kesusun (pas awal awal -_-) hati hati pas musim hujan, ini licin banget, gue aja waktu itu jatoh karena kepeleset puluhan kali T.T
Pos Penjagaan – Telaga Biru = 20 menit
Telaga Biru – Pos Panyancangan = 30 menit
Pos Panyancangan – Air Panas / Pemandangan = 2 jam
Air Panas – Kandang Batu = 20 menit
Kandang Batu – Kandang Badak = 1 – 1,5 jam
Dari Kandang Badak ada 2 puncak yang bisa dituju
a. Kandang Badak – Puncak Gede = 1,5 – 2 jam
b. Kandang Badak – Puncak Pangrango = 2 – 3 jam
Itu perhitungan waktu ga akurat juga kok, jadi makin lama dan makin sering lu istirahat/berhenti ya makin lama nyampenya. Nah karena gue mau ke Pangrango, jadi dari Kandang Badak itu ada pertigaan, kanan itu ke Pangrango, kiri itu ke Gede, jadi gue belok kanan. Nah dari situ jalur setan dimulai!

Peta Pendakian Wastu foto waktu gue berlima (Wastu, Ang, Wegit, Qmonk, Gue)  ke Cibereum, sayang, kali ini dia ga ikut. (Cie sayang)

Ini nih puncak Pangrango difoto dari Puncak Gunung Gede sesuatu banget yah sempurna.

Gerbang selamat datang ini juga gue fotonya udah lama banget.

Cek barang.

Yang diatas ini waktu pagi-pagi sekitar jam 7 mau nanjak, jadi barang barang bawaan kita mesti dicek, kayak golok, sabun, odol, shampo mesti dititipin, ga boleh dibawa, takutnya nanti bikin pencemaran air sama ngerusak sepanjang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Pas masih depan warung Mang Udin, ada insiden kecil sih: tutup kameranya Ujan sempet ilang, eh ternyata nyelip dalem sarung -_-
Keliatan banget yang waktu itu ribet ngecekin barang Ujan, Ang sama Oji. Nah gue? Liat aja gue duduk duduk santai sama Tommy hhh. Akhirnya gue dapet tugas suruh nulis daftar sampah, jadi ini peringatan banget, kita ga boleh ninggalin sampah seupil apapun disepanjang jalur pendakian.
(Ki-ka: Tommy, Gue, Oji, Arif, Ang. Bwh: Genta)

Yang ini, baru juga nyampe jembatan rawa, udah disuruh foto aja sama Ujan hhh. Abis jalan di atas jembatan kayu sepanjang kurang lebih 1 km, jalur mulai jalan berbatu sampai di Pos Panyangcangan. Pos ini ada diketinggian 1.628 mdpl, ada bangunan beratap yang bisa dipake buat berlindung dari hujan dan angin. Di lokasi ini ada persimpangan jalur (pertigaan). Ke kanan ke arah air terjun Cibereum, nah arah ke puncak ambil jalur lurus.

Yang atas ini trek awal, ini masih mending, udah kesana sana beh sampe tiarap tiarap naik naik pohon juga gue jabanin -_- disini gue tadinya bawa keril, eh tapi sumpah ya gue ga ga ga kuat... Gue tukeran sama Ang, gue bawa daypack yang mendingan. Fyuh.

Ini gue yang ngambil pas udah ngelewatin air panas.

Foto diatas itu, pas kita udah sampe di Air Panas. Sebelumnya, lintasan jadi nanjak, jalan setapak gonta ganti sama jalan tanah yang lebih alami. terus jalur mulai landai dan ada turunan bikin cepet sampe di Pos Pondok Pemandangan (2.150 mdpl). Air panas itu lereng curam yang bener bener bahaya banget, yang dialiri air panas dengan suhu sampe lebih dari 70°C, gue bener bener harus ekstra hati-hati soalnya jalurnya sempit terus licin dan kita mesti jalan diatas batu batu, sebelah kanan itu jurang yang ketutup uap air panas. Gue sempet ngomong sama Tommy, "Tom, kalo gue jatoh ke bawah gimana rasanya ya?" Dia malah tawa tawa doang -_- gara gara gue nanya dan ga serius sama jalur yang gue hadepin, alhasil kaki gue nyebur ke air panas, dan itu melocot banget rasanya :( Jalannya juga mesti satu satu ganti gantian soalnya kiri itu tebing yang dialirin air panas, kanan itu jurang. Mati aja lu -_-. Soalnya kalo ga gantian bener beenr fatal banget deh akibatnya dan menurut gue pegangannya itu juga ga aman banget, bener bener ga aman.

Nah ini gambar jalurnya kalo dari arah yang berlawanan sama gue, kiri itu jurang. (Sumber: Google)

Abis dari Air Panas, terus Kandang Batu, terus Kandang Badak, nah kebanyakan pendaki ngecamp disini dan barang barangnya ditinggal di Kandang Badak terus besoknya lanjut jalan ke puncak Gede atau Pangrango. Nah, gue Ang, sama Arief yang paling terkahir sampe di Kandang Badak dibanding temen temen gue yang lain. Itu gara gara gue, kondisi badan gue ngedrop tiba tiba dan jantung gue kumat dan gue ga bawa obat, tiap 15 menit gue berhenti. Rasanya ga kuat banget, jantung gue jadi ga terkontrol detakannya, jadi itu yang bikin lama nyampe Kandang Badak. Makasih banyak loh Rief, Ang juga makasih ya hhh. Pas sampe di Kandang Badak ternyata udah pada masang flysheet terus juga udah pada gelar ponco juga, jadi di Kandang Badak gue sama temen temen yang lain ngisi persediaan air sekalian istirahat terus make jaket, make sarung tangan juga. Soalnya dari Kandang Badak itu pendakian ke Puncak Pangrango dimulai, udara makin dingin nusuk nusuk tulang, tapi gue sama sekali ga ngerasain dingin, biasa aja, malah gerah guenya disuruh make jaket gunung sama sarung tangan -_- gue sama temen temen ga ngecamp di Kandang Badak, tapi mau ngecamp di Mandalawangi, ini bener bener bikin gue senengnya setengah mati. Pangrango&Mandalawangi punya bagian sendiri di hati gue (cailah) hal yang paling gue suka dari apapun. Pangrango sama Mandalawangi bikin gue inget Gie.

Foto taken by Ujan, ini masih belum begitu rame.

Ini gue sama yang lain lagi istirahat, ngupi ngupi sama ngeteh. Sekalian cek perlengkapan lagi buat nanjak. Pasti lu taulah gue yang mana... Ya bener! Gue yang lagi nungging -_-

Ini lagi pada sholat huehehe.

Nah, pas lagi pada sholat, Kandang Badak jadi rame banget kayak WC Umum. Banyak banget yang ngecamp sana sini. Pas gue baru sampe aja tiba tiba, "Neng nasi uduk neng nasi uduk masih anget."
Idih. Nasi uduk? Ga salah. Astaga -_- gue pikir ga ada tukang jualan, ternyata disini masih aja pedagang yang ikut nanjak buat jualan rokok atau nasi uduk. Malah katanya kalo di Surya Kencana, kalo lagi musimnya nanjak lagi rame ramenya, tiap pagi ada yang nawarin ke tenda tenda dagang rokok -_-
Pas udah kelar istirahatnya, semua barang barang dipacking lagi. Terus gue dan yang lain langsung cabut!
Ada pertigaan, gue dkk belok kanan. Disini gue masih biasa aja sama treknya. Nah, pas udah nyampe hutan hutan gitu beh gila banget treknya jalur setan banget. Kata Ang, ini sih sama aja kayak Geger Bentang. Jadi Geger Bentang itu jalur ileggal buat nanjak Gede atau Pangrango, tapi jalurnya parah banget dan banyak butuhin pasokan air minum.
Badan gue udah mulai ngedrop lagi, gue jadi kebanyakan berhenti, ga cuma gue, Ujan juga sama, kebetulan dia katanya lagi ga enak badan. Jalurnya emang bener bener parah. Gue sampe tiarap segala. Terus ada banyak banget pohon jatoh melintang gitu nutupin trek dan itu kentang banget. Tiarap susah, dinaikin juga ribet, akhirnya gue putusin gue naikin dan itu licin banget.
Rasanya perjalanannya itu lamaaaaaaaaaaa banget. Nah, waktu itu hari udah mulai gelap, gue kelabakan, senternya Mpok yang gue pinjem itu nyalanya remang remang -_- mau ga mau gue harus jalan deket sama yang bawa pencahayaan cukup. Gue deket deket sama si Tommy hhh gue gandeng dia aja, itu bener bener gelap udah malem dan gue sama yang lain di dalem hutan hutan gitu terus juga kondisi saat itu turun hujan, gue dan yang lain udah make raincoat.

Hai kenalin ini Tommy yang gue pegang pegang tangannya waktu gelap gelap lewat hutan hahaha. Anak URaL (Udara Rimba Laut) seangkatan sama gue alumni SMAN 28 Jakarta. Lumayan, dia bawa makanan 'mewah' waktu itu hhh.

Gue udah lemes banget mau mampus rasanya. Gue juga gatau kenapa badan gue ngedrop banget ya. Padahal fisik gue tiap hari gue gembleng. Disitu gue cuma banyak nanya "Kapan nyampe, kapan nyampe..." Pasti dijawab "Bentar lagi ini tin setengah jam lagi sampe puncak" "Bentar lagi kok" Pelajaran yang gue ambil adalah jangan percaya orang ngomong gitu ih php banget. Rasanya malah kayak berjam jam gue ga nyampe nyampe -_-
Akhirnya karena gue udah lemes, dan raincoat gue bagian selangkangannya robek gara gara ngelangkahin pohon, ngesot sana ngesot sini gue udah hampir semaput Oji baik banget bawain daypack gue terus ngikutin gue dari belakang, depan gue si Ang, buat jaga jaga. Nah disini kejadian semi horror gue alamin. Gue sering banget kan nengok ke belakang soalnya gue kasian sama Oji yang bawain barang gue udah gitu jarak gue sama Oji 2 meter lebih, terus kadang kadang Oji juga jauh di belakang gue. Gue kan pake raincoat ya, mantel gitu, pas gue jalan tiba tiba ada yang narik raincoat gue walaupun gue dalam keadaan lemes, tapi itu gue 100% sadar, ada yang narik raincoat gue sebelah kanan. Pas gue nengok, itu ga ada apa apa, ga ada semak semak juga yang bisa aja raincoat gue kesangkut disitu. Di pikiran gue udah kacau, tapi gue sempet inget ada yang bilang ke gue kalo emang pas keadaan kita lagi ngedrop banget itu bisa dijadiin 'media' sama 'mereka' buat ditakut takutin.

Akhirnya jalan udah mulai rata dan gue udah denger suara temen temen gue yang udah duluan teriak teriak "Puncak! Puncak!"
Pas gue udah sampe dan menginjakkan kaki di puncak Pangrango gue nangis... gue terharu... gue seneng banget. Udah gitu kata katanya Ujan "Tin puncak tin..." dengan suara dia yang begitu tambah bikin gue banjir. Pas udah sampe kita kumpul, kita doa dulu bersyukur udah bisa sampe puncak dengan selamat.
Perjalanan belom kelar, soalnya kan kita rencananya mau ngecamp di Mandalawangi, nah itu sekitar 10-15 menit ke Mandalawangi, jalannya udah landai dan santai. Disini juga mesti hati hati soalnya bakal sering kebeset beset taneman berduri yang tinggi tinggi. Waktu di trek gue udah liat bunga bunga edelweiss, berarti udah mau deket. Dan tereeeeeeeeeeeng! Mandalawangi! Tepat jam 19.25 di Mandalawangi, berarti total perjalanan 12jam lebih. Ngaret -_-
Disitu ada yang ngecamp, tenda oren, cuma satu tenda, dan Ujan lagi nyari tempat yang pas buat kita ngecamp. Jadi yang nanjak dari Pos Penjagaan sampe Kandang Badak itu ratusan orang, tapi 90% itu ke Gede sisanya ke Pangrango. Kalo Pangrango punya Mandalawangi, Gede punya Surya Kencana. Surya Kencana lebih luas dari Mandalawangi. Tapi mau gimanapun, Mandalawangi tetep di hati u,u. Dan Mandalawangi itu dingiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin banget. Tangan gue udah beku, Genta juga, gue takut Genta hipo soalnya dia udah pucet gitu. Gue sama Genta buka keril, ngeluarin kompor, gue mau bikin wedang jahe. Terus gue ngeluarin lilin buat ngebakar tangan gue, beh, tangan gue bener bener ga berasa sama api di lilin. Yang cowok masang tenda, ada 2 tenda sebelahan. Nah gue buru buru mau ganti baju sama Genta di dalem tenda gelap gelapan hhh.
Pas udah pada ganti baju masuk tenda semua dan pada kedinginan hhh. Di tenda gue ada Genta, gue sama Ang. Di tenda sebelah, ada Oji, Tommy, Arief sama Ujan. Tadinya bilangnya mau masak soalnya pada kelaperan. Eh ternyata pada tepar dan kebangun jam 12an gue dimasakkin mie rebus sama Oji, baik ya ini pacarnya Tara :D

Ini suasana malam hari, bintangnya banyak banget (Taken by: Oji)

Ini Oji yang foto depan tenda gue. Gue, Genta sama Ang udah kayak pasangan kumpul kebo, tidurnya udah ga karuan, peluk sana peluk sini saking kedinginannya hahaha.

Sebelum Ang ada di tenda gue, gue masih berdua sama Genta ngobrol ngobrol. Terus gue nguping di tenda sebelah ternyata pada ribet ngundi siapa yang mau pindah tidur di tenda gue sama Genta -_- ternyata yang kalah si Ang, jadi dia yang rela pindah.

Ini gue yang foto pake kamera Genta. Gembel banget semua barang asal gue taroh aja depan tenda gue hhh. soalnya gue udah ga kuat sama dinginnya -_-

Hai kenalin ini Oji pacarnya Tara yang nolongin bawain barang gue :")

Pagi paginya akhirnya gue bisa liat Mandalawangi secara jelas aaaaa! Ga gelap gelap lagi. Pagi pagi udah ngeteh dan gue dkk pesta makan enak :9
Gue sama Genta bertugas bikin sarapan. Gue bikinin spagheti pake basis. Gatau ya basis apa? Basis itu baso berbentuk sosis :D jadi ini si Ujan apa siapa gitu salah beli. Kirain sosis eh ternyata basis, pantes aja murah katanya hhh.

Nah, ini dia yang namanya basis \m/ basisnya sisa jadi digoreng terus buat cemilan deh u,u

Ini Mandalawangi waktu ketutup kabut :"") Tiba tiba Oji nyeletuk,"Woy siapa sih yang bakar bakar sampah?!" Yakali -_-

Gue bawa buku Gie dan ternyata basah kena hujan semaleman. Unyu ya gue jemur diatas edelweiss. Tapi gaboleh dipetik ya edelweissnya :) biarin mereka abadi di puncak abadi Pangrango :))

Ini cacat banget, gara gara ada panas, semua barang yang basah dikeluarin buat dijemur. Keril, sepatu, raincoat, baju, jaket semuanya deh. Ini bikin Mandalawangi jadi kayak tempat gembel -_-

"Tom, jagain jangan sampe dilalerin!" Ini Tommy, yang gue suruh jagain sarapan dari lalet :p

Ini menu sarapan pagi :) gue yang masak loh hhh. Ini jatah ggue, kata Genta, punya gue lebih banyak dari yang lain. Ah masa sih -_-

Hai ini Kitin kucel banget ya sama buku dan orang kesayangan di tempat yang disayang <3

Ini sebenernya gue fotonya abis pipis di semak semak huehehehe. Nyari spot buat pipis di puncak Pangrango ga susah susah amat kok -_-

Ini abis sarapan gue lagi bikin Nutrijell dalemnya melon, Genta lagi bikin surprise buat Dewa.

Mau sarapan putu putu duluww :3

Ini Genta dan edelweiss di Mandalawangi, pake jaket gue tuh :D

Ini koki lagi bikin menu makan siang: pecel!

Abis makan, pada ngaso ngaso dengerin lagu ngemil ngemil. Terus daripada gue ga ada kerjaan, gue sama Genta nyuci bekas makannya mereka mereka -_-
Pas gue lagi di deket aliran air gitu, di Mandalawangi makin rame. Malah ada yang rapat disitu. Aih gila ya tempat rapat aja pake di puncak gunung. Tapi seru sih ide ide cemerlang pasti hasilnya nanti.
 Sebelum turun.
Loncat! Tinggi buat harapan, tinggi buat cita cita.

Setelah foto di Mandalawangi, udah pada sholat juga. Gue dan yang lain doa bareng, biar turun gunungnya selamet, amin. Start jalan sekitar jam setengah 3 sore. Kita berhenti lagi di puncak buat foto, tapi sayang banget, aturan kita bisa liat puncak sama kawah Gunung Gede yang disebelah, tapi gara gara kabut, ga keliatan deh -_-

Gue, Genta, Ujan, Oji, Arief, Ang, Tommy foto di puncak triangulasi Gunung Pangrango.

Kalo ini malah kebalik, waktu nanjak gue yang terakhir, ini waktu turun gue sama Ang paling duluan. Dan emang bener dilatasi waktu bikin waktu berangkat lebih lama dari waktu pulang (cailah).
Gue kan start sekitar jam set3 dari Mandalawangi, nyampe tepat jam 12 malem di warung Mang Udin. Gue baru kali itu lewat rute hutan TNGGP dalam keadaan gelap. Serem banget, gue takut kesurupan -_- pas sampe pos penjagaan, gue sama yang lain nyerahin sampah yang kita kumpulin di trashbag yang gue bawa bawa -_-
Akhirnya gue sama yang lain selamet sampe warung Mang Udin, terus gue mandi, bersih bersih langsung makan sama yang lain.
Ujan udah ingetin, kita bangun jam 4, pulangnya pagi pagi dari Warung Mang Udin nah ternyata gagal sudah -_- pada capek banget dan pulangnya jadi agak siang dan kita kena buka tutup jalur -_- hp gue mati ternyata papa nyariin gue soalnya kan hari itu tanggal 16 Mei pengumuman UN.

Inget ya, kalo kita naik gunung, kita ga boleh ninggalin apapun kecuali jejak kaki, kita ga boleh ngambil apapun kecuali foto/video, dan kita ga boleh ngebunuh apapun kecuali waktu. Sekian.

Perjalanan gue kali ini teruntuk: Soe Hok Gie (Aku cinta padamu Pangrango, karena aku cinta keberanian dan hidup)

Cipok&peluk hangat dari Cikeas ({})